Waspada Terhadap Kanker Mesothelioma - Resiko Bahaya Atap Rumah dari Bahan Asbes!

May 15, 2010

Mesothelioma adalah bentuk kanker langka yang ganas. Sel-selnya ditemukan dalam mesothelium, kantung pelindung yang menutupi sebagian besar organ tubuh. Sebagian besar orang yang terserang mesothelioma adalah orang-orang yang bekerja atau pada aktifitasnya sering terkena paparan asbes di mana mereka tanpa sadar menghirup partikel asbes.

1. Apa Mesothelium itu?

Mesothelium adalah membrane yang menutupi dan melindungi sebagian besar organ tubuh. Terdiri dari dua lapisan sel: satu lapisan yang mengelilingi organ dan bentuk lainnya berupa kantung di sekitarnya. Mesothelium menghasilkan cairan pelumas yang dikeluarkan di antara lapisan ini, yang memungkinkan menggerakan organ (seperti jantung berdetak dan paru-paru mengembang) agar meluncur dengan mudah terhadap struktur yang berdekatan.

Mesothelium memiliki nama yang berbeda, tergantung pada lokasi di tubuh. Peritoneum adalah jaringan mesothelial yang mencakup sebagian besar organ dalam rongga perut. Pleura adalah membrane yang mengelilingi paru-paru dan garis dinding rongga dada. Perikardium mencakup dan melindungi jantung.  Jaringan Mesothelial di sekitar organ reproduksi internal pria disebut tunika vaginalis testis. Sedangkan Tunika Serosa Uteri meliputi organ reproduksi internal perempuan.



2. Apa itu Mesothelioma?


Mesothelioma (kanker mesotelium) adalah sebuah penyakit di mana sel-sel dari mesothelium menjadi abnormal dan membelah tanpa kontrol atau perintah. Kanker ini dapat menyerang dan merusak jaringan dan organ di dekatnya. Sel-sel kanker juga dapat bermetastasis (menyebar) dari inang asli mereka ke bagian tubuh yang lain. Kebanyakan kasus mesothelioma dimulai pada pleura atau peritoneum.

3. Seberapa Sering Kanker Mesothelioma?

Meskipun tingkat kejadian meningkat dalam 20 tahun terakhir, mesothelioma masih merupakan kanker yang relatif langka. Sekitar 2.000 kasus baru mesothelioma didiagnosis di Amerika Serikat setiap tahunnya. Mesothelioma lebih banyak menyerang pada pria dibandingkan pada wanita. Namun Kanker Mesothelioma ini dapat muncul baik pria maupun wanita pada usia berapa pun.

4. Faktor Apa Yang Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Mesothelioma?

Seseorang yang bekerja atau pada aktifitasnnya sering terkena paparan asbes merupakan faktor risiko utama pencetus mesothelioma. Dalam sebuah riset menyebutkan, seseorang yang mempunyai riwayat terkena paparan asbes di tempat kerja dilaporkan sekitar 70 s/d 80 persen dari seluruh kasus. Tetapi, ada juga kasus mesothelioma pada beberapa individu yang dilaporkan bukan karena terpapar asbes langsung.

Asbes adalah nama sejenis mineral alami yang memiliki massa yang kuat, serat yang fleksibel yang dapat dipisahkan menjadi benang dan kain tipis. Asbes telah banyak digunakan dalam produk industri, termasuk semen, pelapis rem, atap rumah atau gedung sekolah, produk lantai, tekstil, dan isolasi. Jika partikel kecil asbes mengambang di udara, (terutama selama proses produksi produk), yang mungkin terhirup atau tertelan, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Selain mesothelioma, tingginya eksposur asbes dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, asbestosis (suatu penyakit, bukan kanker paru-paru kronis), dan kanker lainnya, seperti tenggorokan dan ginjal.

Merokok tampaknya tidak meningkatkan risiko mesothelioma. Namun demikian, kombinasi dari merokok dan paparan asbes secara signifikan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker dari saluran udara di paru-paru. Apa saja gejala mesothelioma? Silahkan Anda baca pada article berikutnya 'Waspada Terhadap Kanker Mesothelioma - Mendeteksi Gejala-Gejala Mesothelioma Sejak Dini.'

2 comments:

Kampung Virtual May 19, 2010  

Saya baru tahu ada Kanker Mesothelioma ini. Terima kasih telah berbagi informasi, setidaknya membuat kita lebih preventif terhadap penyakit ini

Genteng Jatiwangi August 21, 2010  

ya saya sedikit pernah dengar tentang kanker itu katanya ada partikel yang seperti ujung pancingan.. saya sebagai suplayer genteng keramik jatiwangi merasa bahagia telah selamatkan orang lain.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak Anda di sini. Dengan begitu saya akan berkunjung balik ke blog Anda tapi, saya mohon untuk tidak berkomentar yang berbau SARA, Promosi apalagi Spam. Saya sangat menghargai jika komentar Anda berkaitan dengan isi posting, terimakasih

Lingkar Tujuh's says

Sekeping hati yang ingin kubagi dengan informasi tentang Kesehatan, Agama dan Isu yang hangat dibicarakan masyarakat. Terimakasih telah singgah ke blog ini 'Lingkar Tujuh' Saran dan komentar Anda sangat berarti di hatiku

Lihat Komentar Anda

  © Template Powered by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP